by

Seluk Beluk yang Harus Diketahui Soal Speaker Pintar

Jakarta – Speaker pintar saat ini menjadi perangkat yang mulai ngetren. Di Amerika Serikat saja, saat ini telah ada 66,4 juta pengguna speaker pintar. 

Di Indonesia juga semakin banyak vendor perangkat audio yang menjajakan speaker pintarnya. Tapi, apa itu speaker pintar dan apa saja fungsinya?

Dilansir detikINET dari Positively Naperville, Senin (8/4/2019) secara mendasar, speaker pintar merupakan speaker wireless yang dapat merespon perintah suara penggunanya untuk menjalankan tugas tertentu. Hal ini dimungkinkan karena speaker pintar dibekali dengan asisten pintar virtual.

Untuk perangkat kerasnya sama saja dengan speaker kebanyakan, tapi ditambahi mikrofon untuk berkomunikasi dengan pengguna. Sedangkan ‘otaknya’ yang merupakan layanan pengenal suara terhubung lewat internet. 

Layanan pengenal suara ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mempelajari pola bicara penggunanya. Semakin banyak faktor yang dipelajari, maka asisten ini akan menjadi semakin pintar dan akurat dalam mengenali suara. 

Speaker pintar bisa diperintahkan untuk menjalankan beberapa tugas, seperti stream musik ke speaker itu sendiri atau speaker lainnya di ruangan, membacakan berita, mengontrol TV pintar, mengatur jadwal, menelepon dan mengirimkan pesan, dan masih banyak lagi. 

Saat ini telah banyak speaker yang dijual oleh brand ternama. Sebut saja Amazon Echo,  Apple HomePod, Google Home  dan Sonos One. Speaker-speaker ini memiliki keunggulannya tersendiri, misalnya HomePod dan Sonos One memiliki kemampuan yang lebih unggul. 

Sedangkan untuk asisten pintar yang biasa digunakan di speaker pintar adalah  Alexa  buatan Amazon, Siri buatan Apple, dan Google Assistant. 

Untuk memilih speaker pintar mana yang cocok untuk kalian, banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Tentukan dulu kemampuan apa yang menjadi prioritas utama untuk kalian. Tidak semua speaker pintar bisa terhubung dengan layanan atau perangkat pintar tertentu yang ingin kalian kontrol. 

Karena kalian akan banyak memberikan informasi penting kepada asisten di speaker pintar, pikirkan juga dampaknya terhadap privasi kalian. Pastikan vendor yang kalian pilih tidak memiliki isu negatif tentang privasi pengguna.(vim/fyk)

Sumber Artikel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *