by

Inilah Beberapa Faktor Pemicu Gatal Alergi

Gatal Alergi bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia. Apakah Anda pernah melihat keluarga/teman Anda yang mengalami gatal-gatal saat cuaca dingin? Atau anda pernah mengalaminya sendiri. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh alergi dingin.

Perlu Anda ketahui, gatal alergi pada cuaca dingin ini sering disalahpahami sebagai alergi yang tidak mirip pada umumnya. Padahal, alergi ini juga sama seperti pada umumnya. Namun, berbeda faktor penyebabnya. Alergi yang sering muncul saat cuaca dingin ialah “Biduran”, penyakit ini terjadi ketika mengalami gatal-gatal, dan jika digaruk mengalami ruam kemerahan. Ini termasuk gejala permulaan (ringan).

Gatal Alergi

Gejala alergi pada cuaca dingin yang lebih parah adalah syok anafilaktik, terjadinya pembengkakan di tenggorokan, serta mengganggu kelancaran proses pernapasan. Penyakit ini tidak seberapa mengganggu apabila Anda menanganinya secara cepat dan intensif.

Tahukah kalian? Beberapa faktor yang dapat memicu alergi sangat banyak yang terjadi pada manusia. Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya Alergi.

  1. Kurang menjaga kebersihan
  2. Kemunculan Alergi sejak dini, namun tidak di tangani dengan benar
  3. Pemakaian make up/krim/pemutih dan sebagainya yang berakibat fatal
  4. Menggunakan obat-obatan yang di oles pada kulit, bisa menyebabkan  kulit menjadi iritasi/gatal-gatal merata.
  5. Alergi pada makanan
  6. Alergi pada tumbuhan
  7. Menggunakan zat terlarang
  8. Keadaan cuaca yang bisa memicu kemunculan gatal-gatal alergi.

Beberapa faktor di atas sering menyebabkan biduran. Namun, penyebab biduran sendiri belum ditemukan. Selain faktor di atas, terdapat beberapa faktor lagi yang memicu keluarnya biduran. Seperti :

  1. Faktor pada anak-anak dan remaja.

Di usia seperti ini, mereka rentan terkena penyakit biduran. Biasanya kondisi seperti ini bersifat ringan dan bisa ditangani dengan mudah. Terkadang penyakit ini akan membaik jika mereka berkembang beberapa tahun.

  • Faktor dari penyakit tertentu.

Biduran sendiri terjadi karena efek samping dari penyakit lain. Karena adanya gangguan seperti ini, bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit seperti ini dengan mudahnya.

  • Faktor dari Infeksi

Seperti penyakit Pneumonia atau radang paru-paru yang bisa membuat seseorang terkena alergi dingin.

  • Faktor dari keturunan

Biasanya penyakit ini tidak bisa diduga muncul dengan sendirinya. Terkadang penyakit ini bisa ada sendiri karena riwayat dari orang tua.

  • Faktor dari lemahnya imun

Imun juga memicu munculnya penyakit tersebut. Karena lemahnya imun, kondisi tubuh akan mudah terkena bakteri/virus lainnya.

Banyak sekali yang menyebabkan penyakit biduran ini muncul pada tubuh. Beberapa faktor tersebut bisa dikatakan memang benar dapat menyebabkan penyakit itu. Meskipun jarang sekali tidak ada obat penanganannya secara permanen. Namun tidak menjadi masalah untuk menanganinya.

Anda juga dapat menggunakan beberapa ramuan/obat tradisional yang bisa meredakan penyakit biduran secara perlahan. Obat tradisional ini tidak bisa menyembuhkan secara langsung, tapi bisa meredakan sedikit demi sedikit.

  1. Rendam tubuh menggunakan daun sirih
  2. Tumbuk daun sirih dan tempelkan pada kulit yang terkena biduran
  3. Meminum jamu dari bahan (Dolo putih/terkenal jamu pahit), yang bisa meredakan penyakit gatal

Beberapa obat tradisional diatas bisa menyembuhkan/meredakan penyakit biduran dengan perlahan. Terdapat juga beberapa obat modern yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

  1. Obat antihistamin, obat ini bisa menyembuhkan alergi dari ringan-sedang
  2. Obat omalizumab, obat ini biasanya digunakan untuk mengurangi penyakit asma
  3. Obat doxepin, mengobati kecemasan dan depresi ini juga bisa digunakan untuk meredakan gejala alergi.

Sebelum memakai obat di atas, Anda terlebih dahulu harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Guna mengetahui beberapa cara yang harus diketahui.

Apabila Anda menderita penyakit “Alergi Dingin”. Anda harus menghindari paparan dingin, karena reaksi alergi dipicu oleh segala hal yang dingin, hindari juga udara dingin/minum-minuman dingin.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed